JANGAN LUPA BAHAGIA

HALLOOOOOOO GUYSSSSSSSSS
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Halloo Teman-teman
Eheyyy balik lagi sama Kathrin nih. Kali ini Kathrin mau membahas nih tentang Mental health. Pentingnya Mental Health pada generasi kita. 

APASIHHH ITU MENTAL HEALTH?
Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang setiap individu sadari, di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.
Jika kita mempunyai kesehatan mental kita akan berjalan dengan tenang di kehidupan kita. kemampuan yang bisa membantu kita mengendalikan stress saat ini. Dampak dari kesehatan mental sangat beragam. Pandangan orang tentang mental health juga sangat beragam. Di era pandemi ini siapa sih manusia yang tidak stress?

Kalian stresss??? atau capek?? atau bisa juga rendah diri dan kurang percaya pada orang lain. Saat ini pertanyaan itu selalu masuk dibenak kita. Semua mempunyai masalah yang sangat rumit. Tidak ada manusia yang tidak mempunyai masalah. Masalah sering dikaitkan dengan mental. Ya karena mental yang pertama kali akan terkena dampak negatif dari masalah kita. Inilah pentingnya mengapa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sebenarnya saja juga sama bingungnya dengan kalian. Kita masih dihadapkan oleh masalah-masalah biasa tapi kita itu udah kebawa arus stress semua. Jika kita bisa menghadapi dan melewatinya dengan tenang masalah serumit apapun bisa teratasi.



BERUSAHA UNTUK MENGHINDARI YANG NAMANYA PANIC
Untuk sebagian orang mungkin panik adalah kebiasaan yang selalu dilakukan padahal ia tahu dampak negatif dari kondisi ini. Tidak,kalian tidak salah. Wajar jika kita mengalami panik ketika dihadapkan dengan situasi yang tidak pernah kita duga-duga sebelumnya. Tapiiiiii, eittsss iya ada tapinya. kenapa trin? ada masalah apa jika kita terus panik?.. Ya jelas ada masalahnya lah, dampaknya bukan di fisik kamu tapi langsung ke kesehatan mental mu. 
Menurut dr.Tjin Willy Serangan panik dapat diobati hingga mencapai kesembuhan total asalkan segera ditangani. Jika diabaikan, maka kondisi ini dapat bertambah parah dan sulit diatasi, hingga mengganggu kehidupan penderita. Di samping merasa ketakutan terus-menerus, komplikasi yang dapat timbul dari serangan panik adalah:
  • Munculnya fobia atau takut akan suatu hal
  • Tidak mau bersosialisasi
  • Timbulnya masalah di kantor atau di sekolah
  • Terjerumus ke dalam masalah keuangan
  • Kecanduan minuman keras atau NAPZA
  • Depresi
  • Munculnya keinginan untuk bunuh diri

Tidak ada langkah pencegahan khusus terhadap serangan maupun gangguan panik, selain kesadaran diri untuk segera mengatasinya sebelum kondisi ini bertambah buruk.

MELUANGKAN WAKTU AGAR TIDAK STRESS

Yuppp yang kedua ini, coba untuk meluangkan waktu agar tidak stress. Cari hal-hal yang kamu suka. Tidak perlu lama. Memang menyempatkan untuk kita bahagia itu sulit. Terkadang kita malah menahan dan memilih untuk tidak melakukannya. Padahal itu sangat penting loh. Di zaman yang serba ada sekarang membuat kamu susah untuk bertahan. Tentu ya karena pemahaman kita untuk tidak menunda-nunda sesuatu yang kita anggap penting. Menunda bukan berarti kamu akan gagal. Perlahan tapi pasti.

Anda juga bisa dapat menerapkan beberapa langkah berikut sebagai cara untuk mengatasi stres: Berolahraga secara teratur, Melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi dan latihan pernapasan. Meluangkan waktu untuk berkumpul dengan teman dan keluarga. Melakukan hobi. Menerapkan jadwal makan yang teratur. Melatih diri untuk selalu berpikir positif. Tidur dengan jadwal teratur dan durasi yang cukup.

BILANG KE DIRI KAMU SEMUA AKAN BAIK-BAIK SAJA DENGAN BERPIKIR POSITIF

Jika kita bisa bilang ke diri kita bahwa semuanya akan baik-baik saja pastinya kita akan hidup dengan ketenangan. Tidak masalah jika kita berbeda atau salah. Tidak apa-apa jika kita hanya bisa sampai di batas kemampuan kita, Tidak apa-apa santai saja intinya kita sudah berusaha.

Tips agar Anda selalu berpikiran positif : Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi,Cari alasan untuk tersenyum lebih sering,Visualisasikan hanya apa yang Anda inginkan terwujud, Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan., Baca dan kutipan yang inspirasional., Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu, Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif.

BERSYUKUR

Menerima atas kekurangan mu. Tidak itu tidak buruk. Hanya saja pasti hati kecilmu ingin tidak menerima itu. Selalu saja ada yang merusak harimu. Menerima tidak seburuk itu. Setidaknya kamu paham atas nikmat yang Tuhan kasih ke kamu. Berusaha ya. Tidak aku tidak memaksa. Ini demi kebaikan mu. Jangan sampai kamu lelah dan tak tahu arah  karena hal yang tidak terlalu penting ini. Coba untuk kasih ruang mu sendiri. Tidak perlu melihat orang lain. Kamu harus berjalan di dunia mu sendiri. 

Itulah beberapa cara untuk mencegah gangguan mental. Kita harus tahu bagaiamana cara mengontrol diri kita sendiri. Karena kalo bukan kita lalu siapa lagi? 

BAHAGIA KITA ITU PENTING!

 KATHRIN SHAKIRA

#SOCIOLOGY'20 #ADHIKARA58

REFERENCE :

https://www.alodokter.com/serangan-panik

https://www.seributujuan.id/id/apa-itu-kesehatan-mental#:~:text=Menurut%20Organisasi%20Kesehatan%20Dunia%20(WHO,memberikan%20kontribusi%20kepada%20komunitas%20mereka.

http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php/menu-artikel/1007-inilah-10-keuntungan-qpositive-thinkingq.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFLIK SEKTARIAN MALUKU AMBON MENGGUNAKAN TEORI ANALISIS KONFLIK WEHR DAN BARTOS SERTA POHON MASALAH SEBAGAI ALAT REKONSILIASI KONFLIK

MENDOAKAN ORANG YANG MENGECEWAKAN KITA

PERBUDAKAN, GAJI KECIL ABK DAN JAM KERJA TAK MANUSIAWI. MASIH ADAKAH MANUSIA YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA DALAM PEKERJAAN?