SEPERTI APAKAH GAMBARAN WAJAH DAN BENTUK FISIK PARA NABI?
SEPERTI APAKAH GAMBARAN WAJAH DAN BENTUK FISIK PARA NABI?
Oleh: Ustaz Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin)
Gambaran wajah dan bentuk fisik para nabi yang akan dijelaskan dalam tulisan ini diambil dari kitab Al-Baihaqi yang bernama “Dala-il An-Nubuwwah”.
Dalam riwayat tersebut, bukan hanya informasi seperti apa wajah, rupa dan bentuk fisik para nabi yang bisa kita bayangkan, tetapi juga ada kisah yang menunjukkan mukjizat Nabi Muhammad ﷺ yang akan semakin menguatkan keyakinan kita bahwa beliau memang benar-benar utusan Allah, sekaligus ada kisah karomah shahabat nabi yang mulia yang bernama Hisyam bin Al-‘Ash. Kisah ini juga memberi pelajaran kepada kita betapa dahsyatnya fitnah dunia yang bisa membuat orang menutupi mata batinnya yang bersih dan memilih menjual akhirat untuk dunia yang fana.
Bagaimanakah riwayatnya?
Tokoh utama yang bercerita dalam riwayat ini shahabat nabi yang bernama Hisyam bin Al-‘Ash. Beliau adalah putra dari tokoh kafir Quraisy terkenal yang bernama Al-‘Ash bin Al-Wail. Hisyam bin Al-‘Ash juga saudara kandung dari shahabat Nabi ﷺ yang lain yang terkenal sebagai politikus ulung dan negarawan jenius yang bernama ‘Amr bin Al-‘Ash.
Ceritanya, (nampaknya kisah ini terjadi pada masa kekhalifahan Abu Bakar) Hisyam bin Al-‘Ash dengan salah seorang shahabat Nabi ﷺ yang lain pergi ke Syam untuk mendakwahi Heraklius, penguasa Romawi itu agar masuk Islam.
Ketika Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya sampai di dekat ruangan mewah Heraklius, mereka memarkir kendaraannya, kemudian berseru keras “Laa-Ilaha Illallah Wallahu Akbar!” Lalu terjadi keajaiban. Ruangan Heraklius bergetar dan bergoyang hebat seakan-akan pelepah kurma yang dihembus angin kencang.
Kemudian mereka masuk menemui Heraklius. Ketika sudah di dalam terjadilah beberapa percakapan dan di antara yang ditanyakan Heraklius adalah kalimat paling agung yang diyakni kaum muslimin. Mendengar pertanyaan itu Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya menjawab “Laa-Ilaha Illallah Wallahu Akbar!” saat itu juga terjadi keajaiban lagi. Ruangan Heraklius kembali bergetar dan bergoyang hebat seperti tadi.
Heraklius bertanya, “Apakah rumah-rumah orang Islam juga selalu bergetar hebat setiap kali diucapkan kalimat tersebut”? Hisyam bin Al-‘Ash menjawab bahwa itu tidak pernah terjadi. Mereka sendiri heran karena kalimat itu hanya memiliki pengaruh demikian pada saat berada di ruangan Heraklius. Mendengar pengakuan mereka, Heraklius semakin heran dan malah kuatir bahwa memang agama yang mereka bahwa itu adalah agama yang benar.
Lalu Heraklius memuliakan mereka dan menempatlan mereka di sebuah tempat tinggal yang nyaman dengan hidangan yang lezat. Kemudian pada hari ketiga, tepatnya di malam hari, Heraklius memanggil Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya lalu mengajak mereka untuk memasuki sebuah bangunan besar yang disepuh dengan emas yang memiliki banyak kamar.
Kemudian Heraklius membuka gembok pada pintu salah satu kamar. Ketika sampai di dalam, Heraklius mengeluarkan lembaran sutera berwarna hitam lalu membentangkannya. Ternyata di sana ada lukisan manusia bertinta merah. Sosok tersebut memiliki mata besar (dhokhmul ‘ainain), dua pinggul yang besar (‘adzimul alyatain), dan berleher panjang. Sosok ini tidak berjenggot dan memiliki dua jalinan rambut yang indah dan sangat lebat. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Adam ‘alaihissalam”.
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam dan membentangkannya. Ternyata di sana ada lukisan orang bertinta putih. Rambutnya halus bagaikan bulu kucing, kedua matanya merah (ahmarul ‘ainain), memiliki tempurung kepala yang besar (dhokhmul hamah), dan berjenggot indah. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Nuh ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam. Ternyata di sana ada lukisan seorang lelaki yang sangat putih, bermata indah, berdahi licin, berpipi tirus, dan berjenggot putih. Roman mukanya seakan-akan tersenyum. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Ibrohim ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam. Ternyata disana ada lukisan putih, dan demi Allah -kata Hisyam bin Al-‘Ash- ternyata itu adalah gambar Rasulullah ﷺ ! Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Iya. Itu adalah Muhammad Rasulullah ﷺ” kemudian dua shahabat itu menangis. Heraklius seperti terhenyak, sehingga dalam posisi berdiri, dia langsung terduduk. Dia bertanya, “Demi Tuhan, apakah itu memang dia?” Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya menjawab, “Iya, memang beliau”. Lalu Heraklius tercenung sesaat sambil memandangi lukisan itu sambil berkata, “Sebenarnya ini kamar terakhir, tapi sengaja kupercepat untuk mengetahui apakah kalian memiliki informasi yang aku cari”.
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam. Ternyata di sana ada lukisan berwarna sawo matang yang cenderung hitam. Sosok yang tampak adalah seorang lelaki yang berambut sangat keriting, bermata cekung, tatapan matanya tajam, berwajah masam, giginya bertumpuk, dan bibirnya mengerut seakan-akan dia marah. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Musa ‘alaihissalam”. Di dekatnya ada gambar lelaki yang mirip dengan beliau, hanya saja rambutnya seperti berminyak, berdahi lebar, dan matanya sedikit juling. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Harun bin ‘Imron”.
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki yang berkulit sawo matang, berambut lurus, dan berperawakan sedang. Sikap tubuhnya sekaan-akan marah. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Luth ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki yang berkulit putih agak kemerah-merahan. Hidungnya mancung, bertulang pipi tipis, dan berwajah tampan. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Ishaq ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki yang mirip dengan Ishaq, hanya saja di bawah bibirnya ada tahi lalat. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Ya’qub ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki yang berkulit putih yang sedikit cenderung merah, berwajah tampan, berhidung mancung, berperawakan ideal. Wajahnya bercahaya dan tampak wajah yang teduh nan khusyu’ pada romannya. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Isma’il, kakek nabi kalian”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki yang mirip dengan Adam, dan berwajah seakan-akan matahari. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Yusuf ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki berkulit kemerahan, betisnya kecil, bermata sipit (akhfasyul ‘ainain), berperut besar, berperawakan sedang dan menyandang pedang. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Dawud ‘alaihissalam”.
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera putih. Ternyata di dalamnya ada gambar lelaki berpinggul besar, berkaki panjang dan menunggang kuda. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Sulaiman bin Dawud ‘alaihissalam”
Lalu Heraklius membuka pintu kamar yang lain dan mengeluarkan lembaran sutera hitam. Ternyata di dalamnya ada gambar bertinta putih yang melukiskan seorang pemuda yang sangat hitam jenggotnya, berambut lebat, dan bermata indah. Lalu Heraklius bertanya, “Apakah kalian mengenal orang ini?” Mereka menjawab, “Tidak”. Heraklius berkata, “Ini adalah Isa bin Maryam ‘alaihissalam”
Rupanya Heraklius sudah mendapatkan bukti yang sangat kuat bahwa Nabi Muhammad ﷺ memang- benar-benar utusan Allah. Sayang, ikatan posisinya sebagai Kaisar Romawi mencegahnya untuk beriman kepada Rasulullah ﷺ. Kendati demikian Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya tetap dimuliakan dan diberi hadiah, lalu dilepas dengan penuh penghormatan.
Ketika Hisyam bin Al-‘Ash dan kawannya pulang dan bertemu Abu Bakar, maka mereka menceritakan kisah tersebut. Maka Abu Bakar menangis dan berkata, “Kasihan dia (Heraklius). Seandainya Allah berkehendak kebaikan kepadanya, niscaya dia sudah melepaskan jabatannya dan beriman kepada Nabi ﷺ. Rasulullah ﷺ pernah menceritakan kepada kami bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani itu sebenarnya sudah tahu sifat-sifat dan deskripsi fisik Rasulullah ﷺ berdasarkan sumber-sumber mereka sendiri”.
Kisah ini disebutkan Al-Baihaqi dalam “Dala-il An-Nubuwwah”. Status riwayat ini diperselisihkan. Hanya saja Ibnu Katsir mencantumkannya dalam tafsirnya dan mengatakan “isnaduhu la ba’sa bihi”. Ibnu Qoyyim juga memakainya dalam kitab “Hidayatu Al-Huyaro” tanpa mengkritik dan juga tidak mendhoifkannya. Tidak masalah mengambil riwayat dengan kualitas seperti ini untuk kepentingan i’tibar/mengambil ibroh/mengambil pelajaran karena bukan persoalan halal-haram. Berikut ini saya cantumkan riwayat aslinya dalam berbahasa Arab,
فَنَزَلْنَا عَلَى جَبَلَةَ بْنِ الْأَيْهَمِ الْغَسَّانِيِّ، فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ وَإِذَا هُوَ عَلَى سَرِيرٍ لَهُ، فَأَرْسَلَ إِلَيْنَا بِرَسُولٍ نُكَلِّمُهُ، فَقُلْنَا لَهُ: وَاللهِ لَا نُكَلِّمُ رَسُولًا، إِنَّمَا بُعِثْنَا إِلَى الْمَلِكِ، فَإِنْ أَذِنَ لَنَا كَلَّمْنَاهُ وَإِلَّا لَمْ نُكَلِّمِ الرَّسُولَ، فَرَجَعَ إِلَيْهِ الرَّسُولُ فَأَخْبَرَهُ بِذَلِكَ. قَالَ: فَأَذِنَ لَنَا، فَقَالَ: تَكَلَّمُوا فَكَلَّمَهُ هِشَامُ بْنُ الْعَاصِ، وَدَعَاهُ إِلَى الْإِسْلَامِ،
وَإِذَا عَلَيْهِ ثِيَابُ سَوَادٍ، فَقَالَ لَهُ هِشَامٌ: مَا هَذِهِ الَّتِي عَلَيْكَ؟ فَقَالَ: لَبِسْتُهَا وَحَلَفْتُ أَنْ لَا أَنْزِعَهَا حَتَّى أُخْرِجَكُمْ مِنَ الشَّامِ. قُلْنَا: وَمَجْلِسُكَ هَذَا؟ فَوَاللهِ لَنَأْخُذَنَّهُ مِنْكَ وَلَنَأْخُذَنَّ مُلْكَ الْمَلِكِ الْأَعْظَمِ، إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى، أَخْبَرَنَا بِذَلِكَ نَبِيُّنَا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: لَسْتُمْ بِهِمْ، بَلْ هُمْ قَوْمٌ يَصُومُونَ بِالنَّهَارِ، وَيُفْطِرُونَ بِاللَّيْلِ. فَكَيْفَ صَوْمُكُمْ؟ فَأَخْبَرْنَاهُ، فَمُلأَ وَجْهُهُ سَوَادًا، فَقَالَ: قُومُوا.
وَبَعَثَ مَعَنَا رَسُولًا إِلَى الْمَلِكِ، فَخَرَجْنَا حَتَّى إِذَا كُنَّا قَرِيبًا مِنَ الْمَدِينَةِ، قَالَ لَنَا الَّذِي مَعَنَا: إِنَّ دَوَابَّكُمْ هَذِهِ لَا تَدْخُلُ مَدِينَةَ الْمَلِكِ، فَإِنْ شِئْتُمْ حَمَلْنَاكُمْ عَلَى بَرَاذِينَ وَبِغَالٍ، قُلْنَا: وَاللهِ لَا نَدْخُلُ إِلَّا عَلَيْهَا. فَأَرْسَلُوا إِلَى الْمَلِكِ: إِنَّهُمْ يَأْبَوْنَ.
فَدَخَلْنَا عَلَى رَوَاحِلِنَا مُتَقَلِّدِينَ سُيُوفَنَا حَتَّى انْتَهَيْنَا إِلَى غُرْفَةٍ لَهُ، فَأَنَخْنَا فِي أَصْلِهَا، وَهُوَ يَنْظُرُ إِلَيْنَا، فَقُلْنَا: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ , وَاللهُ أَكْبَرُ، وَاللهُ يَعْلَمُ لَقَدْ تَنَفَّضَتِ الْغُرْفَةُ حَتَّى صَارَتْ كَأَنَّهَا عِذْقٌ تُصَفِّقُهُ الرِّيَاحُ.
فَأَرْسَلَ إِلَيْنَا: لَيْسَ لَكُمْ أَنْ تَجْهَرُوا عَلَيْنَا بِدِينِكُمْ. وَأَرْسَلَ إِلَيْنَا أَنِ ادْخُلُوا. فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ وَهُوَ عَلَى فِرَاشٍ لَهُ، وَعِنْدَهُ بَطَارِقَتُهُ مِنَ الرُّومِ، وَكُلُّ شَيْءٍ فِي مَجْلِسِهِ أَحْمَرُ، وَمَا حَوْلَهُ حُمْرَةٌ، وَعَلَيْهِ ثِيَابٌ مِنَ الْحُمْرَةِ. فَدَنَوْا مِنْهُ فَضَحِكَ، وَقَالَ: مَا كَانَ عَلَيْكُمْ لَوْ حَيَّيْتُمُونِي بِتَحِيَّتِكُمْ فِيمَا بَيْنَكُمْ، فَإِذَا عِنْدَهُ رَجُلٌ فَصِيحٌ بِالْعَرَبِيَّةِ، كَثِيرُ الْكَلَامِ.
فَقُلْنَا: إِنَّ تَحِيَّتَنَا فِيمَا بَيْنَنَا لَا تَحِلُّ لَكَ، وَتَحِيَّتَكَ الَّتِي تُحَيَّا بِهَا لَا يَحِلُّ لَنَا أَنْ نُحَيِّيَكَ بِهَا. قَالَ: كَيْفَ تَحِيَّتُكُمْ فِيمَا بَيْنَكُمْ؟ فَقُلْنَا: السَّلَامُ عَلَيْكَ. قَالَ: فَكَيْفَ تُحَيُّونَ مَلِكَكُمْ؟ قُلْنَا: بِهَا. قَالَ: وَكَيْفَ يَرُدُّ عَلَيْكُمْ؟ قُلْنَا: بِهَا. قَالَ: فَمَا أَعْظَمُ كَلَامِكُمْ؟ قُلْنَا: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ , وَاللهُ أَكْبَرُ.
فَلَمَّا تَكَلَّمْنَا بِهَا، قَالَ: وَاللهُ لَقَدْ تَنَقَّضَتِ الْغُرْفَةُ حَتَّى رَفَعَ رَأْسَهُ إِلَيْهَا. قَالَ: فَهَذِهِ الْكَلِمَةُ الَّتِي قُلْتُمُوهَا حَيْثُ تَنَفَّضَتِ الْغُرْفَةُ كُلَّمَا قُلْتُمُوهَا فِي بُيُوتِكُمْ تُنَفَّضُ بُيُوتُكُمْ عَلَيْكُمْ؟ قُلْنَا: لَا، مَا رَأَيْنَاهَا فَعَلَتْ هَذَا قَطُّ إِلَّا عِنْدَكَ. قَالَ: لَوَدِدْتُ أَنَّكُمْ كُلَّمَا قُلْتُمْ تَنَفَّضَ كُلُّ شَيْءٍ عَلَيْكُمْ، وَأَنِّي خَرَجْتُ مِنْ نِصْفِ مُلْكِي، قُلْنَا: لِمَ؟ قَالَ: لِأَنَّهُ كَانَ أَيْسَرَ لِشَأْنِهَا وَأَجْدَرَ أَنْ لَا يَكُونَ مِنْ أَمْرِ النُّبُوَّةِ وَأَنْ يَكُونَ مِنْ حِيَلِ النَّاسِ.
ثُمَّ سَأَلَنَا عَمَّا أَرَادَ، فَأَخْبَرْنَاهُ. ثُمَّ قَالَ: كَيْفَ صَلَاتُكُمْ وَصَوْمُكُمْ؟ فَأَخْبَرْنَاهُ. فَقَالَ: قُومُوا. فَقُمْنَا، فَأَمَرَ لَنَا بِمَنْزِلٍ حَسَنٍ وَنُزُلٍ كَثِيرٍ، فَأَقَمْنَا ثَلَاثًا، فَأَرْسَلَ إِلَيْنَا لَيْلًا، فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ فَاسْتَعَادَ قَوْلَنَا فَأَعَدْنَاهُ،
ثُمَّ دَعَا بِشَيْءٍ كَهَيْئَةِ الرَّبَعَةِ الْعَظِيمَةِ مُذَهَّبَةٍ فِيهَا بُيُوتٌ صِغَارٌ عَلَيْهَا أَبْوَابٌ، فَفَتَحَ بَيْتًا وَقُفْلًا، وَاسْتَخْرَجَ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، فَنَشَرَهَا، فَإِذَا فِيهَا صُورَةٌ حَمْرَاءُ، وَإِذَا فِيهَا رَجُلٌ ضَخْمُ الْعَيْنَيْنِ، عَظِيمُ الْأَلْيَتَيْنِ، لَمْ أَرَ مِثْلَ طُولِ عُنُقِهِ، وَإِذَا لَيْسَتْ لَهُ لِحْيَةٌ، وَإِذَا لَهُ ضَفِيرَتَانِ، أَحْسَنُ مَا خَلَقَ اللهُ. قَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا آدَمُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ، وَإِذَا هُوَ أَكْثَرُ النَّاسِ شَعْرًا.
ثُمَّ فَتَحَ لَنَا بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، وَإِذَا فِيهَا صُورَةٌ بَيْضَاءُ، وَإِذَا لَهُ شَعْرٌ كَشَعْرِ الْقِطَطِ، أَحْمَرُ الْعَيْنَيْنِ، ضَخْمُ الْهَامَةِ، حَسَنُ اللِّحْيَةِ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا نُوحٌ، عَلَيْهِ السَّلَامُ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، وَإِذَا فِيهَا رَجُلٌ شَدِيدُ الْبَيَاضِ، حَسَنُ الْعَيْنَيْنِ، صَلْتُ الْجَبِينِ، طَوِيلُ الْخَدِّ، أَبْيَضُ اللِّحْيَةِ، كَأَنَّهُ يَتَبَسَّمُ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا , قَالَ: هَذَا إِبْرَاهِيمُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَإِذَا فِيهَا صُورَةٌ بَيْضَاءُ، وَإِذَا وَاللهِ رَسُولُ اللهِ قَالَ: أَتَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: نَعَمْ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. قَالَ: وَبَكَيْنَا. قَالَ: وَاللهُ يَعْلَمُ أَنَّهُ قَامَ قَائِمًا ثُمَّ جَلَسَ وَقَالَ: وَاللهِ إِنَّهُ لَهُوَ؟ قُلْنَا: نَعَمْ. إِنَّهُ لَهُوَ , كَأَنَّمَا نَنْظُرُ إِلَيْهِ، فَأَمْسَكَ سَاعَةً يَنْظُرُ إِلَيْهَا، ثُمَّ قَالَ: أَمَا إِنَّهُ كَانَ آخِرَ الْبُيُوتِ وَلَكِنِّي عَجَّلْتُهُ لَكُمْ لِأَنْظُرَ مَا عِنْدَكُمْ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، فَإِذَا فِيهَا صُورَةٌ أَدْمَاءُ سَحْمَاءُ، وَإِذَا رَجُلٌ جَعْدٌ قَطَطٌ، غَائِرُ الْعَيْنَيْنِ، حَدِيدُ النَّظَرِ، عَابِسٌ، مُتَرَاكِبُ الْأَسْنَانِ، مُقَلَّصُ الشَّفَةِ، كَأَنَّهُ غَضْبَانُ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا مُوسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ، وَإِلَى جَنْبِهِ صُورَةٌ تُشْبِهُهُ، إِلَّا أَنَّهُ مِدْهَانُ الرَّأْسِ، عَرِيضُ الْجَبِينِ، فِي عَيْنِهِ قَبَلٌ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا هَارُونُ بْنُ عِمْرَانَ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فَإِذَا فِيهَا صُورَةُ رَجُلٍ آدَمَ، سَبْطٍ، رَبْعَةٍ كَأَنَّهُ غَضْبَانُ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا: قَالَ: هَذَا لُوطٌ عَلَيْهِ السَّلَامُ
ثُمَّ فَتْحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فَإِذَا فِيهَا صُورَةُ رَجُلٍ أَبْيَضَ، مُشْرَبٌ حُمْرَةٍ، أَقْنَى، خَفِيفَ الْعَارِضَيْنِ، حَسَنَ الْوَجْهِ، فَقَالُ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا إِسْحَاقُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ منه حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فَإِذَا فِيهَا صُورَةٌ تُشْبِهُ إِسْحَاقَ إِلَّا إنَّهُ عَلَى شَفَتِهِ السُّفْلَى خَالٌ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا يَعْقُوبُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، فِيهَا صُورَةُ رَجُلٍ أَبْيَضُ، حَسَنُ الْوَجْهِ، أَقْنَى الْأَنْفِ، حَسَنُ الْقَامَةِ، يَعْلُو وَجْهَهُ نُورٌ، يُعْرَفُ فِي وَجْهِهِ الْخُشُوعُ، يَضْرِبُ إِلَى الْحُمْرَةِ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا إِسْمَاعِيلُ جَدُّ نَبِيِّكُمْ.
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فِيهَا صُورَةٌ كَأَنَّهَا صُورَةُ آدَمَ، كَأَنَّ وَجْهَهُ الشَّمْسُ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا يُوسُفُ عَلَيْهِ السَّلَامُ
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فِيهَا صُورَةُ رَجُلٍ أَحْمَرَ، حَمْشِ السَّاقَيْنِ، أَخْفَشَ الْعَيْنَيْنِ، ضَخْمِ الْبَطْنِ، رَبْعَةٍ، مُتَقَلِّدٍ سَيْفًا، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا دَاوُدُ عَلَيْهِ السَّلَامُ
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ حَرِيرَةً بَيْضَاءَ، فِيهَا صُورَةُ رَجُلٍ ضَخْمِ الْأَلْيَتَيْنِ، طَوِيلِ الرِّجْلَيْنِ، رَاكِبٍ فَرَسٍ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ
ثُمَّ فَتَحَ بَابًا آخَرَ، فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ حَرِيرَةً سَوْدَاءَ، فِيهَا صُورَةٌ بَيْضَاءُ وَإِذَا رَجُلٌ شَابٌّ، شَدِيدُ سَوَادِ اللِّحْيَةِ، كَثِيرُ الشَّعْرِ، حَسَنُ الْعَيْنَيْنِ، حَسَنُ الْوَجْهِ، فَقَالَ: هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا؟ قُلْنَا: لَا. قَالَ: هَذَا عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ، عَلَيْهِ السَّلَامُ.
قُلْنَا: مِنْ أَيْنَ لَكَم هَذِهِ الصُّوَرُ، لِأَنَّا نَعْلَمُ أَنَّهَا عَلَى مَا صُوِّرَتْ عَلَيْهِ الْأَنْبِيَاءُ عَلَيْهِمُ السَّلَامُ، لِأَنَّا رَأَيْنَا صُورَةَ نَبِيِّنَا عَلَيْهِ السَّلَامُ مِثْلَهُ؟ فَقَالَ: إِنَّ آدَمَ، عَلَيْهِ السَّلَامُ، سَأَلَ رَبَّهُ أَنْ يُرِيَهُ الْأَنْبِيَاءَ مِنْ وَلَدِهِ، فَأَنْزَلَ عَلَيْهِ صُوَرَهُمْ، وَكَانَ فِي خِزَانَةِ آدَمَ، عَلَيْهِ السَّلَامُ عِنْدَ مَغْرِبِ الشَّمْسِ، فَاسْتَخْرَجَهَا ذُو الْقَرْنَيْنِ مِنْ مَغْرِبِ الشَّمْسِ، فَدَفَعَهَا إِلَى دَانْيَالَ.
ثُمَّ قَالَ: أَمَا وَاللهِ إِنَّ نَفْسِي طَابَتْ بِالْخُرُوجِ مِنْ مُلْكِي، وَإِنْ كُنْتُ عَبْدًا لَا يَتْرُكُ مُلْكَهُ حَتَّى أَمُوتَ. ثُمَّ أَجَازَنَا فَأَحْسَنَ جَائِزَتَنَا، وَسَرَّحَنَا.
فَلَمَّا أَتَيْنَا أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيقَ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، حَدَّثْنَاهُ بِمَا رَأَيْنَا، وَمَا قَالَ لَنَا، وَمَا أَجَازَنَا. قَالَ: فَبَكَى أَبُو بَكْرٍ، وَقَالَ: مِسْكِينٌ، لَوْ أَرَادَ اللهُ عز وجل بِهِ خَيْرًا لَفَعَلَ. ثُمَّ قَالَ: أَخْبَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُمْ وَالْيَهُودَ يَجِدُونَ نَعْتَ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ، عِنْدَهُمْ (دلائل النبوة للبيهقي مخرجا (1/386-390)
Komentar
Posting Komentar